Cookie Consent by Official Cookie Consent Soal UN Fisika SMP 2019 no 10 - 14 (Plus Pembahasan) | FISIKA
Rabu, 25 September 2019

Soal UN Fisika SMP 2019 no 10 - 14 (Plus Pembahasan)

Berikut soal UN Fisika SMP tahun 2019 dan pembahasannya no 10 - 14 disertai beberapa tips dan jurus jitu dalam mengerjakan soal-soal tipe UN. Silahkan dinikmati dan jika ada yang belum paham bisa ditulis di komentar. semoga bermanfaat dan semakin cinta dengan fisika..hehe

Soal no 10
(Materi : tekanan dan gaya Archimedes)
Kapal pengangkut barang beratnya dalam keadaan kosong 16.000 N, akan mengangkut beban barang yang beratnya 14.000 N serta beberapa orang termasuk penumpang dan anak buah kapal (ABK). Kapal dapat berlayar dengan aman jika volume lambung kapal yang berada di bawah permukaan air 4,2 m3, berat rata-rata satu orang penumpang 600 N. Massa jenis air 1000 kg/m3 dan g = 10 m/s2, jumlah orang yang dapat ikut kapal paling banyak adalah ....
a.    10 orang
b.    15 orang
c.     20 orang
d.  35 orang
Kunci Jawaban : "C"
Pembahasan :

kapal pengangkut barang beratnya dalam keadaan kosong 1600 N

Soal no 11
(materi : gerak lurus)
Sebuah mobil mainan dilepas dari titik P ke titik S melewati lintasan seperti gambar berikut.
pembahasan soal UN fisika SMP 2019 nomor 12
Grafik kecepatan terhadap waktu ( v – t) yang menggambarkan gerak mobil mainan tersebut adalah ....
pembahasan soal UN fisika SMP 2019 nomor 11
Kunci jawaban : “A”
Pembahasan :
gerak A-B
Ketika mobil bergerak dengan lintasan turun maka mobil akan bergerak semakin cepat (kecepatan bertambah), sehingga pada grafik fungsi (v-t) garisnya akan naik
Gerak B-C
Ketika mobil bergerak dengan lintasan datar maka kecepatan mobil tetap konstan, sehingga grafik fungsi (v-t) garisnya akan lurus
Gerak C-D
Ketika mobil bergerak dengan lintasan naik maka mobil akan bergerak semakin lambat (kecepatan berkurang), sehingga pada grafik fungsi (v-t) garisnya akan turun

Soal no 12
(materi : hukum Newton)
Empat buah benda yang massanya sama masing-masing sebesar 4 kg dikenai gaya-gaya seperti ditunjukkan pada gambar berikut!
budi yang memiliki
Benda yang mengalami percepatan terbesar dan terkecil berturut-turut adalah ....
a.    (1) dan (2)
b.    (1) dan (3)
c.     (2) dan (3)
d.    (2) dan (4)
Kunci jawaban : “D”
Pembahasan :
Berdasarkan konsep hukum II Newton (ΣF = m.a) dengan massa yang sama, maka resultan gaya sebanding dengan percepatan benda. Resultan gaya dari keempat gambar adalah
(1)  ΣF = 12 + 20 - 16 =
(2)  ΣF = 12 + 20 + 16 =
(3)  ΣF = 12 + 20 - 16 =
(4)  ΣF = 12 + 16 - 20 =
Jurus jitu
Sebenarnya tanpa harus dihitung kita dapat langsung mengetahui benda yang memiliki percepatan terbesar dan terkecil dengan cara sebagai berikut:
·      Perhatikan bahwa besar gaya yang bekerja adalah sama (12N, 16N, dan 20N)
·      Gambar (2) jelas paling besar karna semua gaya searah
·      Gambar (4) jelas paling kecil karna gaya yang terbesar berlawanan arah dengan lainnya
·    Gambar (1) dan (3) sama besar tetapi berlawanan arah




Soal no 13
(materi : usaha, energi dan perubahan energi)
Budi yang memiliki gaya dorong maksimal 200 N kesulitan mendorong sebuah lemari seperti ditunjukkan pada gambar berikut, karena gaya gesekan antara lantai dengan lemari 250 N.
batang besi yang memiliki lubang dikaitkan
Untuk membantu budi, ada lima orang dengan kemampuan gaya dorong maksimum masing-masing ditunjukkan dalam tabel berikut:
No
Nama
Gaya dorong maksimum
1.
Andi
250 N
2.
Edi
240 N
3.
Malik
150 N
4.
Jamal
200 N
5.
Zidan
260 N
Agar lemari dapat didorong dengan usaha sebesar 7000 Joule dan berpindah sejauh 10 meter, maka orang yang dapat menolong Budi adalah ....
a.    Andi, Malik dan Jamal
b.    Edi, Malik, dan Zidan
c.     Andi, Jamal, dan Malik
d.    Edi, Zidan, dan Andi
Kunci Jawaban : “D”
Pembahasan :
W = ΣF . s
W = (FB + FL – f) . s
7000 = (200+FL-250) . 10
700 = FL – 50
750 N = FL
Jadi total gaya yang diperlukan Budi adalah 750 N, hal ini dapat terjadi jika yang membantu Budi adalah Edi, Zidan, dan Andi. (240 + 260 + 250 = 750 N)

Soal no 14
(materi : pesawat sederhana)
Batang besi yang dilengkapi lubang pengait digantung dengan tali. Jarak antar lubang dengan lubang lainnya sama, dan pada batang digantung tiga beban seperti tampak gambar.
batang besi yang dilengkapi lubang pengait digantung dengan tali
Agar posisi batang besi menjadi seimbang dapat dilakukan dengan menempatkan beban ....
a.    Q dan R di lubang 7, sedangkan P tetap
b.    P tetap, sedangkan Q dan R di lubang 8
c.     P di lubang 3 dan Q, R di lubang 9
d.    P di lubang 2, sedangkan Q dan R di lubang 9
Kunci jawaban : “C”
Pembahasan :
Konsep yang terdapat pada soal ini adalah terkait dengan pesawat sederhana yakni tuas. Dimana agar tuas tetap seimbang, maka harus memenuhi persamaan
rumus tuas jenis 1,
Berdasarkan hal tersebut, maka sistem akan dalam keadaan seimbang jika P di lubang 3, sedangkan Q dan R di lubang 9.
  • 20 . 2 = 240 (bagian kiri)
  • 60 . 4 = 240 (bagian kanan)


untuk soal yang lain dapat dilihat di link di bawah ini

selamat menikmati... :)


jika ada yang ingin ditanyakan, jangan sungkan untuk tinggalkan komen di bawah,,kita belajar bareng-bareng

2 komentar:

  1. Pak hakim materi kelas 9 nya mana
    By: ali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ad d menunya bisa d cek,,, atau mau request di bahas materi apa, bisa nnti tk buatkan

      Hapus

Mode Malam