Cookie Consent by Official Cookie Consent April 2020 | FISIKA
Selasa, 28 April 2020

kumpulan soal dan pembahasan materi fisika kemagnetan (fisika kelas 9)

Setelah membaca materi fisika kelas 9 tentang kemagnetan, agar pemahamannya lebih lengkap berikut disajikan kumpulan soal-soal latihan yang disertai dengan pembahasannya tentang materi kemagnetan. Soal-soal berikut ini di ambil dari beberapa sumber antara lain soal ujian nasional (UN) persiapan USBN, serta soal-soal dari buku-buku yang relevan dan disusun sedemikian rupa dengan taraf kesulitan dari yang mudah, sedang, hingga sulit. dengan adanya latihan soal ini diharapkan dapat menunjang pemahaman para pembaca dan dikemudian hari bisa secara mandiri menerapkannya pada soal-soal lainnya. berikut soal-soalnya silahkan menikmati..

KUMPULAN SOAL DAN PEMBAHASAN MATERI : KEMAGNETAN (FISIKA KELAS 9)

soal nomor 1
Benda yang dapat ditarik dengan kuat oleh magnet disebut dengan ...
a. Bahan magnetik
b. Feromagnetik
c. Paramagnetik
d. Diamagnetik
kunci jawaban : "B"
pembahasan soal nomor 1:
  • Bahan magnetik : benda-benda yang ditarik oleh magnet
  • Feromagnetik :
  • benda-benda yang ditarik dengan kuat oleh magnet seperti: besi, baja, kobalt, dan nikel
  • Paramagnetik :
  • benda-benda yang ditarik lemah oleh magnet, seperti : magnesium, lithium
  • Diamagetik :
  • benda-benda yang tidak ditarik oleh magnet (sebagian sumber mengatakan ditolak lemah) seperti: perak, emas, tembaga, bismut

soal nomor 2
Berikut ini sifat-sifat magnet, kecuali ....
a. Mempunyai dua kutub
b. Mempunyai daerah netral
c. Kutub senama didekatkan akan saling tolak menolak
d. Kutub merupakan bagian magnet yang terbesar gaya magnetnya
Kunci Jawaban: "B"
pembahasan soal nomor 2:
magnet tidak mempunyai daerah netral, karena di sekitar magnet ada medan magnet dengan besar medan magnet di daerah kutub lebih besar daripada di daerah tengah
soal nomor 3
Sebuah magnet jarum berada diantara dua buah magnet batang. Posisi magnet jarum yang benar ditunjukkan oleh gambar ... 
kumpulan soal dan pembahasan materi fisika kemagnetan (fisika kelas 9)
Kunci jawaban: "C"
pembahasan soal nomor 3
Perhatikan sifat magnet bahwa kutub yang tidak sejenis akan tarik menarik (kutub utara menarik kutub selatan, dan sebaliknya) Hanya pilihan C yang seperti itu

soal nomor 4
Gambar berikut menunjukkan 3 buah magnet batang. Jika C kutub utara, B dengan C tolak-menolak, serta D dengan E tarik-menarik. Maka jenis kutub magnet pada A dan F adalah ....
kumpulan soal dan pembahasan materi fisika kemagnetan (fisika kelas 9)
a. A kutub Utara, F kutub utara
b. A kutub selatan, F kutub utara
c. A kutub utara, F kutub selatan
d. A kutub selatan, F kutub selatan
Kunci Jawaban: "D"
pembahasan soal nomor 4
salah satu sifat magnet:
magnet selalu memiliki dua kutub yakni utara dan selatan
kutub yang berlawanan jenis akan saling tarik-menarik dan kutub yang berlawanan jenis tolak menolak. Dari soal di ketahui
C : kutub utara, jadi D pasti kutub selatan
B & C tolak-menolak, maka B kutub utara
D & E tarik menarik, maka E kutub utara
agar lebih jelas perhatikan tabel berikut:
A
B
C
D
E
F
Selatan
Utara
Utara
Selatan
Utara
Selatan

soal nomor 5
Gambar yang benar tentang magnet elementer ....
kumpulan soal dan pembahasan materi fisika kemagnetan (fisika kelas 9)
Kunci Jawaban: "A"
pembahasan soal nomor 5
Sebelum menjadi magnet susunan magnet elementernya tidak teratur, setelah menjadi magnet susunan magnet elementernya menjadi teratur

soal nomor 6
Penyebab jarum kompas yang selalu menunjukkan arah utara-selatan adalah ....
a. Di utara dan di selatan ada magnet yang terbesar
b. Untuk memudahkan penentuan arah angin
c. Ada tarikan dari kutub-kutub bumi
d. Ada tarikan oleh kutub-kutub magnet bumi
Kunci Jawaban: "D"
pembahasan soal nomor 6
perhatikan gambar berikut:
kumpulan soal dan pembahasan materi fisika kemagnetan (fisika kelas 9)

Di dalam bumi terdapat magnet bumi dengan posisi seperti gambar di atas, kutub utara magnet bumi berada di bagian kutub selatan geografis bumi (di bawah) sedangkan kutub selatan magnet bumi berada di bagian kutub utara geografis bumi (di atas).
Kutub utara jarum kompas akan tertarik kutub selatan magnet bumi sehingga selalu menunjukkan arah utara dan selatan

soal nomor 7
Hans christian Oersted berhasil menemukan bahwa ....
a. Di sekitar medan magnet terdapat listrik
b. Di sekitar magnet terdapat gaya
c. Di sekitar listrik terdapat medan listrik
d. Di sekitar kawat berarus listrik terdapat medan magnet
Kunci Jawaban: "D"
pembahasan soal nomor 7

percobaan oersted adalah menaruh beberapa kompas di sekitar kawat berarus, ternyata ada perubahan arah jarum kompas jika posisinya di ubah-ubah. Seperti gambar berikut:
kumpulan soal dan pembahasan materi fisika kemagnetan (fisika kelas 9)

soal nomor 8
perhatikan gambar berikut ini!
kumpulan soal dan pembahasan materi fisika kemagnetan (fisika kelas 9)
Batang besi A-B menjadi magnet saat disentuh magnet baja P-Q. Proses pembuatan magnet baja P-Q yang benar adalah ....
kumpulan soal dan pembahasan materi fisika kemagnetan (fisika kelas 9)
kunci jawaban: "B"
pembahasan soal nomor 8
Berdasarkan soal dapat diketahui
B kutub selatan, maka A kutub Utara
Sehingga Q kutub selatan, dan P kutub utara
Dengan menggunakan kaidah tangan kanan dapat diketahui yang paling cocok adalah pilihan B
  • Arus dari kutub positif (yang panjang) ke kutub negatif (yang pendek) : di gambar maka aras arus ke bawah
  • Gunakan kaidah tangan kanan dengan aturan sebagai berikut
kumpulan soal dan pembahasan materi fisika kemagnetan (fisika kelas 9)

soal nomor 9
perhatikan gambar berikut!
kumpulan soal dan pembahasan materi fisika kemagnetan (fisika kelas 9)
Sebuah besi ingin dijadikan magnet dengan dililitkan kawat berarus seperti gambar di atas. Urutan nama kutub yang terbentuk dari kiri ke kanan berturut-turut adalah ....
a. utara – selatan – utara – selatan
b. selatan – utara – selatan – utara
c. utara – selatan – selatan – utara
d. selatan – utara – utara – selatan
Kunci Jawaban: "C"
pembahasan soal nomor 9

Gunakan kaidah tangan kanan
Gambar kiri
kumpulan soal dan pembahasan materi fisika kemagnetan (fisika kelas 9)

Kutub yang terbentuk
Utara - selatan
Gambar kanan
kumpulan soal dan pembahasan materi fisika kemagnetan (fisika kelas 9)

Kutub yang terbentuk
Selatan – utara

soal nomor 10
Gambar berikut yang menunjukkan arah medan magnet, kuat arus, dan gaya lorentz yang benar sesuai dengan kaidah
kumpulan soal dan pembahasan materi fisika kemagnetan (fisika kelas 9)
Kunci Jawaban: "B"
pembahasan soal nomor 10

Gunakan kaidah tangan kanan sebagai berikut
kumpulan soal dan pembahasan materi fisika kemagnetan (fisika kelas 9)

soal nomor 11
Kawat panjangnya 50 cm berada di dalam muatan magnet berkekuatan 20 T, apabila arus listrik yang mengalir pada kawat itu adalah 5 A, maka gaya Lorentz sebesar ....
a. 500 N
b. 75 N
c. 50 N
d. 25 N
Kunci Jawaban:"C"
pembahasan soal nomor 11
berdasarkan soal dapat diketahui:
L = 50 cm = 0,5 m
B = 20 T
I = 5 A
F ... ?
F = B. I . L
F = 20 x 5 x 0,5
F = 50 N

soal nomor 12
Suatu alat memiliki kekuatan medan magnet sebesar 5 T dan kawatnya 100 cm sehingga menghasilkan gaya Lorentz sebesar 40 N. Maka kuat arus yang digunakan alat itu adalah ....
a. 49 A
b. 10 A
c. 8 A
d. 2 A
Kunci Jawaban:"C"
pembahasan soal nomor 12
Berdasarkan soal dapat diketahui
B = 5 T
L = 100 cm = 1 m
F = 40 N
I ... ?
F = B . I . L
40 = 5 x I x 1
40 = 5 I
8 A = I

soal nomor 13
Suatu alat menghasilkan gaya Lorentz sebesar 20 N dengan kuat arus listrik 2 A dan kumparan yang panjangnya 200 cm. Maka besarnya kekuatan medan magnet itu adalah ....
a. 5 T
b. 40 T
c. 80 T
d. 222 T
Kunci Jawaban: "A"
pembahasan soal nomor 13

berdasarkan soal dapat diketahui
F = 20 N
I = 2 A
L = 200 cm = 2 m
B ... ?
F = B . I . L
20 = B . 2 . 2
20 = 4 B
5 T = B
demikian soal-soal yang dapat digunakan agar para pembaca lebih memahami materi fisika kelas 9 tentang kemagnetan. semoga bermanfaat jangan lupa jika ada kritik atau saran bisa meninggalkan komentar di bawah ya...



Minggu, 19 April 2020

materi fisika kelas 8 - tekanan zat (lengkap)

MATERI FISIKA KELAS 8 : TEKANAN ZAT

rangkuman materi fisika kelas 8 | tekanan zat
gambar 1. orang berjalan di sawah

Gambar di atas menunjukkan bagaimana ketika orang berjalan di sawah yang berlumpur dan struktur tanahnya lembek, terlihat sebagian kaki orang tersebut terbenam di dalam tanah yang dapat dilihat jejak kedalamannya. Hal ini dikarenakan berat badan orang yang memberikan tekanan pada tanah sehingga sebagian kakinya terbenam. Konsep tekanan ini banyak sekali kita temui dalam kehidupan sehari-hari di sekitar kita baik tekanan pada zat pada, zat cair, atau zat gas. Selain contoh di atas, beberapa contoh konsep tekanan antara lain: paku yang dibuat lancip di ujungnya, pensil yang lancip lebih mudah di gunakan daripada pensil yang tumpul. Kapal yang terbuat dari besi dapat terapung di laut, dll. Agar lebih memahami tentang konsep tekanan, mari kita ikuti penjelasan di bawah ini.
Senin, 13 April 2020

induksi elektromagnetik: materi, rumus, aplikasi, contoh soal (materi fisika kelas 9)

MATERI FISIKA KELAS 9 : INDUKSI ELEKTROMAGNETIK

induksi elektromagnetik: materi, rumus, aplikasi, contoh soal (materi fisika kelas 9)
gambar generator pembangkit listrik

Listrik merupakan salah satu energi yang sangat banyak dimanfaatkan oleh manusia untuk keperluan sehari-hari. Energi listrik ini dihasilkan dari generator listrik yang diputar dengan bantuan angin, air, panas bumi, uap, dll. contoh generator listrik tampak pada gambar di atas, ketika generator tersebut di putar maka akan menghasilkan energi listrik yang kemudian ditransmisikan ke rumah-rumah penduduk. Proses timbulnya energi listrik pada saat generator tersebut di putar termasuk dalam kajian ilmu fisika materi “induksi elektromagnetik”
Induksi elektromagnetik pertama kali diteliti oleh Michael Faraday (1791 – 1867). Pada tahun 1831 Michael Faraday menemukan bahwa timbul arus listrik ketika menggerakkan magnet keluar masuk kumparan, hasil penemuan ini berkebalikan dengan hasil penemuan Hans Christian Oersted di materi sebelumnya yang menyatakan adanya medan magnet disekitar kawat berarus. Berdasarkan hasil temuan kedua fisikawan tersebut kita dapat mengetahui bahwa:
Kamis, 09 April 2020

semua tentang pesawat sederhana (jenis, gambar, contoh) | materi fisika kelas 8

Materi fisika kelas 8 : Pesawat Sederhana

semua tentang pesawat sederhana (jenis, gambar, contoh) | materi fisika kelas 8

Gambar 1. Jalan di pegunungan
Gambar di atas, menunjukkan gambar jalan di daerah pegunungan yang dibuat berkelok-kelok untuk menuju puncak, secara jelas terlihat bahwa jalan yang dibuat berkelok-kelok akan semakin jauh untuk mencapai puncak daripada jika jalannya langsung dibuat lurus dari dasar menuju puncak. Mengapa harus dibuat berkelok-kelok? Ternyata meskipun jarak tempuhnya semakin jauh, akan tetapi untuk mencapai puncak lebih mudah daripada jika jalannya dibuat lurus. Fenomena ini merupakan salah satu pemanfaatan dari konsep pesawat sederhana di sekitar kita, untuk lebih memahami konsep pesawat sederhana mari lanjutkan membaca materi di bawah ini. 
Selasa, 07 April 2020

materi gaya dan hukum Newton terlengkap (bunyi, penjelasan, aplikasi) I Fisika kelas 8

materi gerak lurus smp kelas 8 kurikulum 2013
Salah satu bentuk penerapan konsep gaya adalah untuk membantu pesawat luar angkasa lepas dari gaya gravitasi bumi. Roket pesawat akan mengalirkan udara bertekanan tinggi yang menghasilkan gaya dorong berskala besar hingga dapat mendorong pesawat luar angkasa untuk terbang. Selain itu banyak sekali manfaat dari konsep gaya yang dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk itu mari kita ikut penjelasan terkait dengan gaya berikut ini.
Mode Malam