Berikut soal UN Fisika SMP tahun 2018 untuk no 12-17 diserta pula pembahasan dan beberapa tips dan jurus jitu dalam mengerjakan soal-soal tipe UN. Silahkan dinikmati dan jika ada yang belum paham bisa ditulis di komentar.
Kamis, 24 Oktober 2019
Rabu, 23 Oktober 2019
Minggu, 20 Oktober 2019

Materi SMA
| 14.19
Materi Kelas X : Kinematika Gerak Lurus (Bagian 2)
Pada pelajaran fisika di SMA kelas 10 salah satu materi fisika yang dipelajari adalah tentang kinematika gerak. materi ini sangat erat kaitannya dalam kehidupan sehari-hari baik yang menguntungkan ataupun yang merugikan, banyak sekali manfaat yang bisa kita ambil dari belajar kinematika gerak lurus. materi ini dibuat berdasarkan apa yang saya pahami selama belajar fisika dan diambil dari berbagai sumber yang relevan. selamat menikmati...
Kinematika gerak lurus dapat didefinisikan sebagai gerak suatu benda pada lintasan lurus dalam ruang dan waktu tanpa memperhatikan penyebab dari gerak tersebut (terkadang juga disebut dengan gaya). Pada materi ini secara garis besar terbagi menjadi beberapa sub materi yakni besaran-besaran dalam gerak lurus, serta jenis-jenis gerak lurus.
Kinematika gerak lurus dapat didefinisikan sebagai gerak suatu benda pada lintasan lurus dalam ruang dan waktu tanpa memperhatikan penyebab dari gerak tersebut (terkadang juga disebut dengan gaya). Pada materi ini secara garis besar terbagi menjadi beberapa sub materi yakni besaran-besaran dalam gerak lurus, serta jenis-jenis gerak lurus.
Setelah kita mengetahui besaran-besaran dalam gerak, kita
dapat menemukan tiga keadaan suatu benda yakni : benda diam, benda melakukan
gerak lurus beraturan (GLB), dan benda melakukan gerak lurus berubah beraturan
(GLBB)
Perhatikan :
Karena yang dianalisis adalah gerak lurus, maka dapat
kita asumsikan bahwa jarak yang ditempuh oleh benda sama dengan perpindahan
yang dialami oleh benda selama tidak ada keterangan tambahan. Kecuali jika
benda melakukan beberapa gerakan dan gerakannya berbelok.
Benda diam
Benda diam artinya benda tersebut tidak
melakukan gerakan (kecepatan sama dengan nol) di tetap berada pada posisinya
untuk beberapa waktu. Perhatikan gambar berikut
Materi SMA
| 13.52
Materi Kelas X : Kinematika Gerak Lurus (Bagian 1)
Pada pelajaran fisika di SMA kelas 10 salah satu materi fisika yang dipelajari adalah tentang kinematika gerak. materi ini sangat erat kaitannya dalam kehidupan sehari-hari baik yang menguntungkan ataupun yang merugikan, banyak sekali manfaat yang bisa kita ambil dari belajar kinematika gerak lurus. materi ini dibuat berdasarkan apa yang saya pahami selama belajar fisika dan diambil dari berbagai sumber yang relevan. selamat menikmati...
Kinematika gerak lurus dapat didefinisikan sebagai gerak suatu benda pada lintasan lurus dalam ruang dan waktu tanpa memperhatikan penyebab dari gerak tersebut (terkadang juga disebut dengan gaya). Pada materi ini secara garis besar terbagi menjadi beberapa sub materi yakni besaran-besaran dalam gerak lurus, serta jenis-jenis gerak lurus.
Kinematika gerak lurus dapat didefinisikan sebagai gerak suatu benda pada lintasan lurus dalam ruang dan waktu tanpa memperhatikan penyebab dari gerak tersebut (terkadang juga disebut dengan gaya). Pada materi ini secara garis besar terbagi menjadi beberapa sub materi yakni besaran-besaran dalam gerak lurus, serta jenis-jenis gerak lurus.
Besaran-besaran dalam gerak lurus
Seperti yang telah dijelaskan di awal materi ini
menganalisis tentang gerak tanpa memperhatikan gaya yang mempengaruhi dari
gerak tersebut. Beberapa besaran fisika yang terkait dengan materi ini adalah
sebagai berikut:
Rabu, 16 Oktober 2019

Materi SMP
| 14.12
Materi Kelas VII : Kalor
Pada pelajaran fisika di SMP kelas 7 salah satu materi fisika yang dipelajari adalah tentang kalor. materi ini sangat erat kaitannya dalam kehidupan sehari-hari baik yang menguntungkan ataupun yang merugikan, banyak sekali manfaat yang bisa kita ambil dari belajar kalor. materi ini dibuat berdasarkan apa yang saya pahami selama belajar fisika dan diambil dari berbagai sumber yang relevan. selamat menikmati...
KALOR
Kalor (panas) adalah aliran energi panas dari satu benda ke benda lain
karena perbedaan suhu antara keduanya, secara alami kalor akan berpindah dari
benda yang bersuhu tinggi ke benda yang bersuhu rendah. Satuan kalor dapat dinyatakan
dalam sistem MKS yaitu joule (J) atau dalam sistem CGS yaitu kalori. Satu
kalori sebagai jumlah transfer energi yang diperlukan untuk menaikkan suhu 1 g
air dari 14,5 ° C menjadi 15,5 ° C
Senin, 14 Oktober 2019

soal SBMPTN
| 11.03
Soal SBMPTN TKD SAINTEK 2018 kode 460 nomor 24 - 30 (plus pembahasan)
Berikut Soal SBMPTN TKD SAINTEK 2018 kode 460 dan pembahasan untuk nomor 24 - 30 diserta beberapa tips dan jurus jitu dalam mengerjakan soal-soal. Silahkan dinikmati dan jika ada yang belum paham bisa ditulis di komentar
PETUNJUK PENGERJAAN SOAL
Tipe A : Pilih jawaban yang paling benar (A, B, C, D, dan E)
Tipe B : Pilihlah
(A) Jika pernyataan benar, alasan benar, keduanya menunjukkan hubungan sebab-akibat
(B) Jika pernyataan benar, alasan benar, keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab-akibat
(C) Jika pernyataan benar, alasan salah
(D) Jika pernyataan salah, alasan benar
(E) Jika pernyataan dan alasan salah
Tipe C : Pilihlah
(A) Jika jawaban (1), (2), dan (3) benar
(B) Jika jawaban (1) dan (3) benar
(C) Jika jawaban (2) dan (4) benar
(D) Jika jawaban (4) saja yang benar
(E) Jika semua jawaban benar
Gunakan Petunjuk A untuk mengerjakan soal nomor 16 sampai nomor 25
Soal nomor 24
Dua buah lampu identik dihubungkan dengan sebuah baterai seperti pada gambar. Jika sepotong kawat tembaga digunakan untuk menghubungkan titik A dan B pada rangkaian tersebut, yang akan terjadi adalah ....
(A) Lampu 1 tidak menyala dan lampu 2 meredup
(B) Kedua lampu menyala lebih terang
(C) Kedua lampu tidak menyala
(D) Lampu 1 tidak menyala dan lampu 2 menyala lebih
terang
(E) Kedua lampu meredup

soal SBMPTN
| 10.52
Soal SBMPTN TKD SAINTEK 2018 kode 460 nomor 16 - 23 (plus pembahasan)
Berikut Soal SBMPTN TKD SAINTEK 2018 kode 460 dan pembahasannya untuk nomor 16 - 23 diserta pula beberapa tips dan jurus jitu dalam mengerjakan soal-soal. Silahkan dinikmati dan jika ada yang belum paham bisa ditulis di komentar
PETUNJUK PENGERJAAN SOAL
Tipe A : Pilih jawaban yang
paling benar (A, B, C, D, dan E)
Tipe B : Pilihlah
(A)
Jika
pernyataan benar, alasan benar, keduanya menunjukkan hubungan sebab-akibat
(B)
Jika
pernyataan benar, alasan benar, keduanya tidak menunjukkan hubungan
sebab-akibat
(C)
Jika
pernyataan benar, alasan salah
(D)
Jika
pernyataan salah, alasan benar
(E)
Jika
pernyataan dan alasan salah
Tipe C : Pilihlah
(A)
Jika
jawaban (1), (2), dan (3) benar
(B)
Jika
jawaban (1) dan (3) benar
(C)
Jika
jawaban (2) dan (4) benar
(D)
Jika
jawaban (4) saja yang benar
(E)
Jika
semua jawaban benar
Gunakan Petunjuk A untuk mengerjakan soal nomor 16
sampai nomor 25
Soal nomor 16
Posisi suatu benda di sepanjang sumbu x mengikuti x(t)
= -6t + 2t2, dengan satuan untuk posisi (x) adalah meter
dan untuk waktu (t) adalah detik. Pada selang waktu dari t = 2
detik sampai t = 4 detik. Perpindahan dan percepatan rata-rata benda
tersebut berturut-turut adalah ....
(A) 16 m dan 2 m/s2
(B) 16 m dan 4 m/s2
(C) 8 m dan 2 m/s2
(D) 12 m dan 4 m/s2
(E) 4 m dan 4 m/s2
Jumat, 11 Oktober 2019

Materi SMP
| 16.55
Materi Kelas VII : Suhu dan Pemuaian
Pada pelajaran fisika di SMP kelas 7 salah satu materi fisika yang dipelajari adalah tentang suhu dan pemuaian. materi ini sangat erat kaitannya dalam kehidupan sehari-hari baik yang menguntungkan ataupun yang merugikan, banyak sekali manfaat yang bisa kita ambil dari belajar suhu dan pemuaian. materi ini dibuat berdasarkan apa yang saya pahami selama belajar fisika dan diambil dari berbagai sumber yang relevan. selamat menikmati...
SUHU
Suhu atau temperatur adalah derajat panas dingin suatu benda. Telah dijelaskan pada materi besaran dan pengukuran sebelumnya bahwa suhu termasuk besaran pokok yang memiliki satuan K (menurut sistem internasional atau SI), akan tetapi satuan dari suhu pada ada 4 jenis yakni Celcius, Farenheit, Reamur, dan Kelvin. Masing-masing satuan dari suhu tersebut memiliki termometer tersendiri. Mari kita bahas masing-masing dari satuan tersebut.
Celcius
Selasa, 08 Oktober 2019

Soal Ujian Masuk
| 17.28
Simak UI 2018 nomor 38 - 45 (Plus Pembahasan)
Berikut soal Simak UI 2018 dan pembahasan untuk nomor 31 - 37 diserta beberapa tips dan jurus jitu dalam mengerjakan soal-soal. Silahkan dinikmati dan jika ada yang belum paham bisa ditulis di komentar
PETUNJUK KHUSUS
Petunjuk A
Pilih satu jawaban yang paling tepat
Petunjuk B
Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan. Pilihlah:
(A) Jika pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab dan akibat.
(B) Jika pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab dan akibat.
(C) Jika pernyataan benar dan alasan salah.
(D) Jika pernyataan salah dan alasan benar.
(E) Jika pernyataan dan alasan keduanya salah.
Petunjuk C
Pilihlah :
(A) Jika (1), (2), dan (3) yang benar
(B) Jika (1) dan (3) yang benar
(C) Jika (2) dan (4) yang benar
(D) Jika hanya (4) yang benar
(E) Jika semuanya benar

Soal Ujian Masuk
| 16.55
Simak UI 2018 nomor 31 - 37 (Plus Pembahasan)
Berikut soal Simak UI 2018 dan pembahasan untuk nomor 31 - 37 diserta beberapa tips dan jurus jitu dalam mengerjakan soal-soal. Silahkan dinikmati dan jika ada yang belum paham bisa ditulis di komentar
PETUNJUK KHUSUS
Petunjuk A
Pilih satu jawaban yang paling tepat
Petunjuk B
Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata
SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan. Pilihlah:
(A)
Jika pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya
menunjukkan hubungan sebab dan akibat.
(B)
Jika pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya
tidak menunjukkan hubungan sebab dan akibat.
(C)
Jika pernyataan benar dan alasan salah.
(D)
Jika pernyataan salah dan alasan benar.
(E)
Jika pernyataan dan alasan keduanya salah.
Petunjuk C
Pilihlah :
(A)
Jika (1), (2), dan (3) yang benar
(B)
Jika (1) dan (3) yang benar
(C)
Jika (2) dan (4) yang benar
(D)
Jika hanya (4) yang benar
(E) Jika semuanya benar