Cookie Consent by Official Cookie Consent praktikum virtual gerak parabola (fisika kelas 10) | FISIKA
Sabtu, 26 September 2020

praktikum virtual gerak parabola (fisika kelas 10)

| Sabtu, 26 September 2020

Praktikum virtual gerak parabola dengan memanfaatkan lab virtual ini merupakan salah satu variasi pembelajaran Di masa pandemi seperti sekarang yang pembelajaran lebih banyak dilakukan secara daring atau istilahnya PJJ (pembelajaran jarak jauh). Berdasarkan pengamatan penulis, PJJ lebih banyak dilakukan dengan memberikan materi dan mengerjakan soal. Praktikum ini untuk melengkapi materi gerak parabolalatihan soal fisika gerak parabola beserta pembahasannya dan pengembangan dari materi gerak parabola yakni gerak parabola pada bidang miringBerikut bentuk LKS yang telah dibuat. Semoga bermanfaat

Praktikum virtual

"Gerak Parabola"

  1. Tujuan Percobaan
  2. Menyelidiki karateristik gerak parabola pada suatu benda (lintasan, kecepatan benda, gerak benda terhadap sumbu x dan sumbu y)

  3. Rumusan Masalah
  4. Bagaimana karakteristik gerak parabola suatu benda ditinjau dari lintasan, kecepatan benda, gerak benda terhadap sumbu x dan sumbu y?

  5. Studi Literasi
  6. Dalam rangka untuk menjawab rumusan masalah yang telah dibuat, maka pelajarilah materi terkait dengan hukum Coulomb, kemudian buatlah hipotesis (jawaban sementara) dari rumusan masalah yang telah dikemukakan di atas.




  7. Variabel
    1. Variabel Bebas : merupakan variabel yang berubah – ubah



    2. Variabel Terikan : merupakan variabel yang diukur.



    3. Variabel Kontrol : merupakan variabel yang dijaga tetap



  8. Alat dan Bahan
  9. - Laptop
  10. Langkah Percobaan
    1. Membuka situs “https://phet.colorado.edu/sims/html/projectile-motion/latest/projectile-motion_en.html”.
    2. Sehingga muncul tampilan seperti berikut
      praktikum virtual gerak parabola (fisika kelas 11)
    1. Memilih Intro. Maka akan tampak gambar seperti ini
    2. praktikum virtual gerak parabola (fisika kelas 11)

      keterangan:

      1. Untuk zoom out (memperkecil) dan zoom in (memperbesar)
      2. Ketinggian awal
      3. Kecepatan awal
      4. Mensimulasikan tembakan
      5. Sasaran (bisa digunakan untuk mengukur jarak mendatar peluru)
      6. alat ukur
      7. Warna biru : mengetahui waktu, ketinggian, dan jarak mendatar Warna kuning : mengukur jarak mendatar dari titik awal (meteran)
      8. Pengaturan simulasi (massa, hambatan udara, vektor kecepatan, dan vektor percepatan)
      9. Reset simulasi

    3. Langkah percobaan
      1. Mengatur simulasi dengan benda yang dilempar “canonball”, memberi tanda centang pada velocity vector (total dan komponen), memberi tanda centang pada acceleration vector (total)
      2. Memposisikan meriam dengan sudut 450 dengan ketinggian 0 m.
      3. Mengatur besar kecepatan awal sebesar 14 m/s, sehingga tampilannya seperti berikut
      4. praktikum virtual gerak parabola (fisika kelas 11)
      5. Menekan tombol play (warna merah) sehingga benda akan ditembakkan dari meriam dan bergerak membentuk lintasan parabola.
      6. Menggunakan kotak warna biru, untuk menentukan ketinggian, jarak, vektor kecepatan dan vektor percepatan pada waktu tertentu dan mencatat hasilnya pada tabel data
      Petunjuk:
      Geser kotak warna biru sepanjang lintasan benda sehingga menemukan waktu-waktu sesuai pada tabel. Untuk melihat vektor kecepatan dan vektor percepatan lebih teliti jalankan simulasi secara perlahan (slow) atau dengan menekan tombol bundar di sebelah kanan tombol play.



  11. Data Percobaan
  12. praktikum virtual gerak parabola (fisika kelas 11)
  13. Analisis Data
    1. Bagaimana bentuk lintasan benda yang bergerak parabola?



    2. Bagaimanakah besar dan arah vektor kecepatan benda terhadap sumbu x?



    3. Bagaimanakah besar dan arah vektor kecepatan benda terhadap sumbu y?



    4. Bagaimanakah besar dan arah vektor kecepatan total benda?



    5. Bagaimana hubungan antara komponen vektor kecepatan dengan kecepatan total benda?



    6. Bagaimanakah besar dan arah vektor percepatan total benda?



    7. Menurut kamu adakah hubungan antara vektor kecepatan dan vektor percepatan benda? Berikan penjelasan!



    8. Menurut kamu bagaimana vektor kecepatan dan percepatan benda ketika benda tepat mencapai tanah?



    9. Bagaimana ketinggian yang dicapai benda dari waktu ke waktu?



    10. Bagaimana ciri-ciri benda mencapai ketinggian maksimum?



    11. Berikan penjelasan terkait gerak benda terhadap sumbu x !



    12. Berikan penjelasan terkait gerak benda terhadap sumbu y !



    13. Deskripsikan dengan menggunakan kata-kata kamu sendiri, bagaimana karakteristik gerak parabola suatu benda!



  14. Kesimpulan
  15. Buat kesimpulan dari kegiatan yang telah kamu lakukan !







Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Get new posts by email:
Mode Malam