Cookie Consent by Official Cookie Consent FISIKA | Filosofi berselimut matematika
Rabu, 22 Juli 2020
Kupas tuntas! materi dinamika rotasi (fisika kelas 11)

Kupas tuntas! materi dinamika rotasi (fisika kelas 11)


materi dinamika rotasi (fisika kelas 11)
Gambar 1. Atlet judo ketika membanting lawannya

Seorang atlet judo ketika akan membanting lawannya, ia akan berusaha menempatkan titik pusat massa lawannya sedekat mungkin dengan pusat massa dirinya untuk mengurangi torsi yang disebabkan oleh lawannya tersebut, sehingga hanya torsi dirinya sendiri yang bekerja pada saat membanting. Berbicara tentang gerak rotasi (gerak melingkar) pada dasarnya mirip dengan gerak translasi (gerak lurus) baik secara teknik analisis atau persamaan-persamaan matematisnya. Pada dasarnya gerak rotasi merupakan gerak lurus yang ditarik ke suatu titik secara terus menerus sehingga lintasannya menjadi melingkar. Gaya yang menarik tersebut disebut dengan gaya sentripetal.
Sabtu, 18 Juli 2020
Ternyata begini ! Pembiasan cahaya pada permukaan lengkung

Ternyata begini ! Pembiasan cahaya pada permukaan lengkung


Ternyata begini ! Pembiasan cahaya pada permukaan lengkung
gambar 1. pembiasan pada butiran air

Tetesan air pada dasarnya merupakan bentuk dari lensa cembung yang mana ketika seberkas cahaya melewatinya akan terjadi pembiasan. Pembiasaan cahaya merupakan fenomena yang terjadi ketika seberkas cahaya melalui dua medium yang berbeda kerapatannya (indeks bias). Ketika cahaya melewati dua medium yang berbeda indeks biasnya maka cahaya tersebut akan mengalami pembelokan , jika cahaya datang dari medium lebih rapat ke medium yang kurang rapat maka cahaya akan dibiaskan menjauhi garis normal, begitu pula sebaliknya jika cahaya datang dari medium kurang rapat ke medium lebih rapat maka cahaya akan di biaskan mendekati garis normal. Salah satu akibat dari pembiasan cahaya adalah danau atau kolam yang airnya jernih akan tampak lebih dangkal, peristiwa ini sudah pernah saya bahas sebelumnya disini.
Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang pembiasan cahaya pada permukaan lengkung, sedikit berbeda dengan pembiasan cahaya pada lensa tipis yang sering kita jumpai pada soal-soal ulangan harian atau ujian nasional yang tidak memperhitungkan jari-jari kelengkungan bidang, pembiasan cahaya pada permukaan lengkung ini juga memperhatikan jari-jari kelengkungan bidang. Perhatikan gambar diagram pembiasan cahaya pada permukaan lengkung berikut ini.

Persamaan umum

Ternyata begini ! Pembiasan cahaya pada permukaan lengkung

Gambar 2. Diagram pembiasan cahaya pada permukaan lengkung

Sebuah benda berada di titik B diletakkan di depan sebuah lensa cekung. Seberkas sinar datang digambarkan menuju titik P yang kemudian dibiaskan hingga berpotongan dengan sumbu di titik B’ (pada proses ini berlaku hukum snellius tentang pembiasan), sehingga, kita dapat mengetahui
B = benda
B’ = bayangan
S = jarak benda
S’ = jarak bayangan
C = pusat kelengkungan
R = jari-jari
Dengan konsep trigonometri dapat kita tuliskan
Ternyata begini ! Pembiasan cahaya pada permukaan lengkung

Untuk sudut yang kecil (<< 100) (sinar paraksial/sinar yang dekat dengan sumbu utama), berlaku tan α ≈ α, tan β ≈ β, tan γ ≈ γ, dan d =0. Maka dapat ditulis
Ternyata begini ! Pembiasan cahaya pada permukaan lengkung

Hukum Snellius
Berdasarkan hukum Snellius
n1 sin i = n2 sin r
untuk sudut yang kecil berlaku sin i ≈ i dan sin r ≈ r, maka hukum snellius dapat ditulis.
n1 i = n2 r
menentukan nilai sudut datang (i) dan sudut bias (r)
Ternyata begini ! Pembiasan cahaya pada permukaan lengkung


Perbesaran Bayangan

Untuk menentukan perbesaran bayangan benda pada permukaan lengkung, perhatikan gambar berikut
Ternyata begini ! Pembiasan cahaya pada permukaan lengkung

Gambar 2. Proses pembentukan bayangan pada pembiasan cahaya di permukaan lengkung

Sebuah benda setinggi h diletakkan sejauh s dari sebuah lensa tebal yang memiliki jari-jari R, sehingga terbentuk bayangan benda setinggi h’ dan terletak sejauh s’ seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas. Berdasarkan gambar di atas kita dapat mengetahui bahwa
Ternyata begini ! Pembiasan cahaya pada permukaan lengkung

Untuk sudut yang kecil berlaku tan i ≈ sin i dan tan r ≈ sin r sehingga persamaan di atas dapat ditulis
Ternyata begini ! Pembiasan cahaya pada permukaan lengkung

Maka perbesaran benda dapat ditentukan dengan persamaan
Ternyata begini ! Pembiasan cahaya pada permukaan lengkung

Contoh soal

Contoh soal 1
Seekor ikan terletak di dalam sebuah akuarium berbentuk bola dengan jari-jari 50 cm. (nair= 4/3) seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.
Ternyata begini ! Pembiasan cahaya pada permukaan lengkung

Tentukan letak bayangannya jika
a. ikan yang dilihat pengamat P !
b. pengamat yang dilihat ikan !
pembahasan:
a. orang melihat ikan berarti sinar datang dari ikan R = - 50 cm (sinar datang menuju bagian cekung) sehingga
n1 = nair = 4/3
n2 = nudara = 1
S = + 20 cm
Maka
Ternyata begini ! Pembiasan cahaya pada permukaan lengkung

Jadi bayangan terletak 16,67 cm dari dinding akuarium (tanda negatif berati bayangan yang terbentuk bersifat maya atau di depan dinding bagian cekung atau berada dalam daerah yang sama dengan sinar datang)
b. Ikan melihat pengamat berarti sinar datang dari udara menuju air R = + 50 cm (sinar datang menuju bagian cembung)sehingga
n1 = nudara = 1
n2 = nair = 4/3
S = + 100 cm
Maka
Ternyata begini ! Pembiasan cahaya pada permukaan lengkung

Jadi bayangan pengamat yang dilihat ikan terletak sejauh 400 cm dari dinding akuarium (tanda negatif berati bayangan yang terbentuk bersifat maya atau di depan dinding bagian cekung atau berada dalam daerah yang sama dengan sinar datang)
Contoh soal 2
Sebuah balok gelas (n = 1,5) salah satu ujungnya cekung dengan jari-jari 18 cm. sebuah benda tegak berada 24 cm dari permukaan lengkungan itu pada sumbu balok seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.
Ternyata begini ! Pembiasan cahaya pada permukaan lengkung

Tentukan letak balok dan perbesaran bayangannya!
pembahasan:
sinar datang dari kaca ke udara sehingga R = + 18 cm (sinar datang menuju bagian cembung)
n1 = nkaca = 1,5
n2 = nudara = 1
s = 24 cm
menentukan letak bayangan
Ternyata begini ! Pembiasan cahaya pada permukaan lengkung

menentukan perbesaran benda
Ternyata begini ! Pembiasan cahaya pada permukaan lengkung

jadi bayangan yang terbentuk terletak 11,08 cm dari dinding gelas kaca (tanda negatif berati bayangan yang terbentuk bersifat maya atau di depan dinding bagian cekung atau berada dalam daerah yang sama dengan sinar datang) dan mengalami perbesaran sebesar 0,69 kali
Contoh soal 3
Tentukan jarak fokus suatu permukaan lengkung yang berjari-jari 15 cm (n = 1,5)!
pembahasan:
Soal di atas dapat diilustrasikan sebagai berikut!
Ternyata begini ! Pembiasan cahaya pada permukaan lengkung

sinar-sinar istimewa pada lensa yang salah satunya adalah “sinar yang datang menuju fokus akan dibiaskan sejajar sumbu utama
jika benda diletakkan tepat di titik fokus maka bayangan benda akan berada di jauh tak hingga dengan sinar datang dari udara menuju benda, sehingga dapat diketahui
R = + 15 cm (sinar datang menuju bagian cembung)
n1 = nudara = 1
n2 = nkaca = 1,5
maka fokus permukaan lengkung tersebut dapat ditentukan dengan persamaan
Ternyata begini ! Pembiasan cahaya pada permukaan lengkung
Jadi fokus permukaan lengkung tersebut adalah 30 cm
Konsep !

Penting !
Ketika mengerjakan soal seperti ini perlu diperhatikan dua hal yakni:
1. arah sinar datang dan sinar bias untuk menentukan n1 dan n2
2. letak sinar datang untuk menentukan nilai jari-jari (R) bernilai positif atau negatif






Senin, 29 Juni 2020
kumpulan soal fisika kelas 8 : getaran dan gelombang (pembahasan lengkap)

kumpulan soal fisika kelas 8 : getaran dan gelombang (pembahasan lengkap)

berikut disajikan kumpulan soal-soal latihan yang disertai dengan pembahasannya tentang materi getaran dan gelombang. Soal-soal berikut ini di ambil dari beberapa sumber antara lain soal ujian nasional (UN) persiapan USBN, serta soal-soal dari buku-buku yang relevan dan disusun sedemikian rupa dengan taraf kesulitan dari yang mudah, sedang, hingga sulit. dengan adanya latihan soal ini diharapkan dapat menunjang pemahaman para pembaca dan dikemudian hari bisa secara mandiri menerapkannya pada soal-soal lainnya. berikut soal-soalnya silahkan menikmati..

KUMPULAN SOAL DAN PEMBAHASAN MATERI : GETARAN DAN GELOMBANG (FISIKA KELAS 8)

soal nomor 1
Getaran adalah ....
a. Gerak bolak-balik melalui titik kesetimbangan
b. Gerakan yang cepat
c. Gerakan bolak-balik
d. Gerakan bandul
Senin, 18 Mei 2020
Jurus jitu : Rahasia konsep perbandingan dalam menyelesaikan soal fisika

Jurus jitu : Rahasia konsep perbandingan dalam menyelesaikan soal fisika

Jurus jitu : Rahasia konsep perbandingan dalam menyelesaikan soal FISIKA

Seperti yang sudah pernah saya bahas pada artikel tutorial belajar fisika : semakin paham semakin cinta dengan mudah salah satunya dengan melihat bahwa ilmu matematika adalah ilmu dasar yang dapat diterapkan di semua disiplin ilmu. Hal ini penting saya kemukakan karena banyak siswa yang kesulitan dalam menerapkan perhitungan dalam menyelesaikan soal fisika, sehingga fisika menjadi terasa rumit dan sulit. Padahal dengan memahami konsep matematika dasar dan diterapkan dalam mengerjakan soal fisika, maka soal akan terasa lebih mudah. Salah satu konsep matematika yang sering digunakan dalam mengerjakan soal adalah konsep perbandingan. Dimana dengan kita memahami konsep perbandingan ini maka kita akan lebih mudah menyelesaikan soal, dan konsep ini berlaku untuk semua jenis ilmu. Mari simak penjelasan saya berikut ini

Dasar matematis

Selasa, 12 Mei 2020
kumpulan soal fisika dan pembahasan : pesawat sederhana (materi fisika kelas 8)

kumpulan soal fisika dan pembahasan : pesawat sederhana (materi fisika kelas 8)

Setelah membaca materi fisika kelas 8 tentang pesawat sederhana, agar pemahamannya lebih lengkap berikut disajikan kumpulan soal-soal latihan yang disertai dengan pembahasannya tentang materi Pesawat sederhana. Soal-soal berikut ini di ambil dari beberapa sumber antara lain soal ujian nasional (UN) persiapan USBN, serta soal-soal dari buku-buku yang relevan dan disusun sedemikian rupa dengan taraf kesulitan dari yang mudah, sedang, hingga sulit. dengan adanya latihan soal ini diharapkan dapat menunjang pemahaman para pembaca dan dikemudian hari bisa secara mandiri menerapkannya pada soal-soal lainnya. berikut soal-soalnya silahkan menikmati..

KUMPULAN SOAL DAN PEMBAHASAN MATERI : PESAWAT SEDERHANA (FISIKA KELAS 8)


Jumat, 08 Mei 2020
kumpulan soal dan pembahasan lengkap : induksi elektromagnetik (materi fisika kelas 9)

kumpulan soal dan pembahasan lengkap : induksi elektromagnetik (materi fisika kelas 9)

Setelah membaca materi fisika kelas 9 tentang Induksi Elektromagnetik, agar pemahamannya lebih lengkap berikut disajikan kumpulan soal-soal latihan yang disertai dengan pembahasannya tentang materi Induksi elektromagnetik. Soal-soal berikut ini di ambil dari beberapa sumber antara lain soal ujian nasional (UN) persiapan USBN, serta soal-soal dari buku-buku yang relevan dan disusun sedemikian rupa dengan taraf kesulitan dari yang mudah, sedang, hingga sulit. dengan adanya latihan soal ini diharapkan dapat menunjang pemahaman para pembaca dan dikemudian hari bisa secara mandiri menerapkannya pada soal-soal lainnya. berikut soal-soalnya silahkan menikmati..

KUMPULAN SOAL DAN PEMBAHASAN MATERI : INDUKSI ELEKTROMAGNETIK (FISIKA KELAS 9)


Selasa, 05 Mei 2020
kumpulan soal dan pembahasan lengkap tentang gaya dan hukum newton (materi fisika kelas 8)

kumpulan soal dan pembahasan lengkap tentang gaya dan hukum newton (materi fisika kelas 8)

Setelah membaca materi fisika kelas 8 tentang gaya, agar pemahamannya lebih lengkap berikut disajikan kumpulan soal-soal latihan yang disertai dengan pembahasannya tentang materi kemagnetan. Soal-soal berikut ini di ambil dari beberapa sumber antara lain soal ujian nasional (UN) persiapan USBN, serta soal-soal dari buku-buku yang relevan dan disusun sedemikian rupa dengan taraf kesulitan dari yang mudah, sedang, hingga sulit. dengan adanya latihan soal ini diharapkan dapat menunjang pemahaman para pembaca dan dikemudian hari bisa secara mandiri menerapkannya pada soal-soal lainnya. berikut soal-soalnya silahkan menikmati..

KUMPULAN SOAL DAN PEMBAHASAN MATERI : GAYA dan HUKUM NEWTON (FISIKA KELAS 8)

Selasa, 28 April 2020
kumpulan soal dan pembahasan materi fisika kemagnetan (fisika kelas 9)

kumpulan soal dan pembahasan materi fisika kemagnetan (fisika kelas 9)

Setelah membaca materi fisika kelas 9 tentang kemagnetan, agar pemahamannya lebih lengkap berikut disajikan kumpulan soal-soal latihan yang disertai dengan pembahasannya tentang materi kemagnetan. Soal-soal berikut ini di ambil dari beberapa sumber antara lain soal ujian nasional (UN) persiapan USBN, serta soal-soal dari buku-buku yang relevan dan disusun sedemikian rupa dengan taraf kesulitan dari yang mudah, sedang, hingga sulit. dengan adanya latihan soal ini diharapkan dapat menunjang pemahaman para pembaca dan dikemudian hari bisa secara mandiri menerapkannya pada soal-soal lainnya. berikut soal-soalnya silahkan menikmati..

KUMPULAN SOAL DAN PEMBAHASAN MATERI : KEMAGNETAN (FISIKA KELAS 9)

soal nomor 1
Benda yang dapat ditarik dengan kuat oleh magnet disebut dengan ...
a. Bahan magnetik
b. Feromagnetik
c. Paramagnetik
d. Diamagnetik
kunci jawaban : "B"
pembahasan soal nomor 1:
  • Bahan magnetik : benda-benda yang ditarik oleh magnet
  • Feromagnetik :
  • benda-benda yang ditarik dengan kuat oleh magnet seperti: besi, baja, kobalt, dan nikel
  • Paramagnetik :
  • benda-benda yang ditarik lemah oleh magnet, seperti : magnesium, lithium
  • Diamagetik :
  • benda-benda yang tidak ditarik oleh magnet (sebagian sumber mengatakan ditolak lemah) seperti: perak, emas, tembaga, bismut

soal nomor 2
Berikut ini sifat-sifat magnet, kecuali ....
a. Mempunyai dua kutub
b. Mempunyai daerah netral
c. Kutub senama didekatkan akan saling tolak menolak
d. Kutub merupakan bagian magnet yang terbesar gaya magnetnya
Kunci Jawaban: "B"
pembahasan soal nomor 2:
magnet tidak mempunyai daerah netral, karena di sekitar magnet ada medan magnet dengan besar medan magnet di daerah kutub lebih besar daripada di daerah tengah
soal nomor 3
Sebuah magnet jarum berada diantara dua buah magnet batang. Posisi magnet jarum yang benar ditunjukkan oleh gambar ... 
kumpulan soal dan pembahasan materi fisika kemagnetan (fisika kelas 9)
Kunci jawaban: "C"
pembahasan soal nomor 3
Perhatikan sifat magnet bahwa kutub yang tidak sejenis akan tarik menarik (kutub utara menarik kutub selatan, dan sebaliknya) Hanya pilihan C yang seperti itu

soal nomor 4
Gambar berikut menunjukkan 3 buah magnet batang. Jika C kutub utara, B dengan C tolak-menolak, serta D dengan E tarik-menarik. Maka jenis kutub magnet pada A dan F adalah ....
kumpulan soal dan pembahasan materi fisika kemagnetan (fisika kelas 9)
a. A kutub Utara, F kutub utara
b. A kutub selatan, F kutub utara
c. A kutub utara, F kutub selatan
d. A kutub selatan, F kutub selatan
Kunci Jawaban: "D"
pembahasan soal nomor 4
salah satu sifat magnet:
magnet selalu memiliki dua kutub yakni utara dan selatan
kutub yang berlawanan jenis akan saling tarik-menarik dan kutub yang berlawanan jenis tolak menolak. Dari soal di ketahui
C : kutub utara, jadi D pasti kutub selatan
B & C tolak-menolak, maka B kutub utara
D & E tarik menarik, maka E kutub utara
agar lebih jelas perhatikan tabel berikut:
A
B
C
D
E
F
Selatan
Utara
Utara
Selatan
Utara
Selatan

soal nomor 5
Gambar yang benar tentang magnet elementer ....
kumpulan soal dan pembahasan materi fisika kemagnetan (fisika kelas 9)
Kunci Jawaban: "A"
pembahasan soal nomor 5
Sebelum menjadi magnet susunan magnet elementernya tidak teratur, setelah menjadi magnet susunan magnet elementernya menjadi teratur

soal nomor 6
Penyebab jarum kompas yang selalu menunjukkan arah utara-selatan adalah ....
a. Di utara dan di selatan ada magnet yang terbesar
b. Untuk memudahkan penentuan arah angin
c. Ada tarikan dari kutub-kutub bumi
d. Ada tarikan oleh kutub-kutub magnet bumi
Kunci Jawaban: "D"
pembahasan soal nomor 6
perhatikan gambar berikut:
kumpulan soal dan pembahasan materi fisika kemagnetan (fisika kelas 9)

Di dalam bumi terdapat magnet bumi dengan posisi seperti gambar di atas, kutub utara magnet bumi berada di bagian kutub selatan geografis bumi (di bawah) sedangkan kutub selatan magnet bumi berada di bagian kutub utara geografis bumi (di atas).
Kutub utara jarum kompas akan tertarik kutub selatan magnet bumi sehingga selalu menunjukkan arah utara dan selatan

soal nomor 7
Hans christian Oersted berhasil menemukan bahwa ....
a. Di sekitar medan magnet terdapat listrik
b. Di sekitar magnet terdapat gaya
c. Di sekitar listrik terdapat medan listrik
d. Di sekitar kawat berarus listrik terdapat medan magnet
Kunci Jawaban: "D"
pembahasan soal nomor 7

percobaan oersted adalah menaruh beberapa kompas di sekitar kawat berarus, ternyata ada perubahan arah jarum kompas jika posisinya di ubah-ubah. Seperti gambar berikut:
kumpulan soal dan pembahasan materi fisika kemagnetan (fisika kelas 9)

soal nomor 8
perhatikan gambar berikut ini!
kumpulan soal dan pembahasan materi fisika kemagnetan (fisika kelas 9)
Batang besi A-B menjadi magnet saat disentuh magnet baja P-Q. Proses pembuatan magnet baja P-Q yang benar adalah ....
kumpulan soal dan pembahasan materi fisika kemagnetan (fisika kelas 9)
kunci jawaban: "B"
pembahasan soal nomor 8
Berdasarkan soal dapat diketahui
B kutub selatan, maka A kutub Utara
Sehingga Q kutub selatan, dan P kutub utara
Dengan menggunakan kaidah tangan kanan dapat diketahui yang paling cocok adalah pilihan B
  • Arus dari kutub positif (yang panjang) ke kutub negatif (yang pendek) : di gambar maka aras arus ke bawah
  • Gunakan kaidah tangan kanan dengan aturan sebagai berikut
kumpulan soal dan pembahasan materi fisika kemagnetan (fisika kelas 9)

soal nomor 9
perhatikan gambar berikut!
kumpulan soal dan pembahasan materi fisika kemagnetan (fisika kelas 9)
Sebuah besi ingin dijadikan magnet dengan dililitkan kawat berarus seperti gambar di atas. Urutan nama kutub yang terbentuk dari kiri ke kanan berturut-turut adalah ....
a. utara – selatan – utara – selatan
b. selatan – utara – selatan – utara
c. utara – selatan – selatan – utara
d. selatan – utara – utara – selatan
Kunci Jawaban: "C"
pembahasan soal nomor 9

Gunakan kaidah tangan kanan
Gambar kiri
kumpulan soal dan pembahasan materi fisika kemagnetan (fisika kelas 9)

Kutub yang terbentuk
Utara - selatan
Gambar kanan
kumpulan soal dan pembahasan materi fisika kemagnetan (fisika kelas 9)

Kutub yang terbentuk
Selatan – utara

soal nomor 10
Gambar berikut yang menunjukkan arah medan magnet, kuat arus, dan gaya lorentz yang benar sesuai dengan kaidah
kumpulan soal dan pembahasan materi fisika kemagnetan (fisika kelas 9)
Kunci Jawaban: "B"
pembahasan soal nomor 10

Gunakan kaidah tangan kanan sebagai berikut
kumpulan soal dan pembahasan materi fisika kemagnetan (fisika kelas 9)

soal nomor 11
Kawat panjangnya 50 cm berada di dalam muatan magnet berkekuatan 20 T, apabila arus listrik yang mengalir pada kawat itu adalah 5 A, maka gaya Lorentz sebesar ....
a. 500 N
b. 75 N
c. 50 N
d. 25 N
Kunci Jawaban:"C"
pembahasan soal nomor 11
berdasarkan soal dapat diketahui:
L = 50 cm = 0,5 m
B = 20 T
I = 5 A
F ... ?
F = B. I . L
F = 20 x 5 x 0,5
F = 50 N

soal nomor 12
Suatu alat memiliki kekuatan medan magnet sebesar 5 T dan kawatnya 100 cm sehingga menghasilkan gaya Lorentz sebesar 40 N. Maka kuat arus yang digunakan alat itu adalah ....
a. 49 A
b. 10 A
c. 8 A
d. 2 A
Kunci Jawaban:"C"
pembahasan soal nomor 12
Berdasarkan soal dapat diketahui
B = 5 T
L = 100 cm = 1 m
F = 40 N
I ... ?
F = B . I . L
40 = 5 x I x 1
40 = 5 I
8 A = I

soal nomor 13
Suatu alat menghasilkan gaya Lorentz sebesar 20 N dengan kuat arus listrik 2 A dan kumparan yang panjangnya 200 cm. Maka besarnya kekuatan medan magnet itu adalah ....
a. 5 T
b. 40 T
c. 80 T
d. 222 T
Kunci Jawaban: "A"
pembahasan soal nomor 13

berdasarkan soal dapat diketahui
F = 20 N
I = 2 A
L = 200 cm = 2 m
B ... ?
F = B . I . L
20 = B . 2 . 2
20 = 4 B
5 T = B
demikian soal-soal yang dapat digunakan agar para pembaca lebih memahami materi fisika kelas 9 tentang kemagnetan. semoga bermanfaat jangan lupa jika ada kritik atau saran bisa meninggalkan komentar di bawah ya...



Minggu, 19 April 2020
materi fisika kelas 8 - tekanan zat (lengkap)

materi fisika kelas 8 - tekanan zat (lengkap)

MATERI FISIKA KELAS 8 : TEKANAN ZAT

rangkuman materi fisika kelas 8 | tekanan zat
gambar 1. orang berjalan di sawah

Gambar di atas menunjukkan bagaimana ketika orang berjalan di sawah yang berlumpur dan struktur tanahnya lembek, terlihat sebagian kaki orang tersebut terbenam di dalam tanah yang dapat dilihat jejak kedalamannya. Hal ini dikarenakan berat badan orang yang memberikan tekanan pada tanah sehingga sebagian kakinya terbenam. Konsep tekanan ini banyak sekali kita temui dalam kehidupan sehari-hari di sekitar kita baik tekanan pada zat pada, zat cair, atau zat gas. Selain contoh di atas, beberapa contoh konsep tekanan antara lain: paku yang dibuat lancip di ujungnya, pensil yang lancip lebih mudah di gunakan daripada pensil yang tumpul. Kapal yang terbuat dari besi dapat terapung di laut, dll. Agar lebih memahami tentang konsep tekanan, mari kita ikuti penjelasan di bawah ini.
Senin, 13 April 2020
induksi elektromagnetik: materi, rumus, aplikasi, contoh soal (materi fisika kelas 9)

induksi elektromagnetik: materi, rumus, aplikasi, contoh soal (materi fisika kelas 9)

MATERI FISIKA KELAS 9 : INDUKSI ELEKTROMAGNETIK

induksi elektromagnetik: materi, rumus, aplikasi, contoh soal (materi fisika kelas 9)
gambar generator pembangkit listrik

Listrik merupakan salah satu energi yang sangat banyak dimanfaatkan oleh manusia untuk keperluan sehari-hari. Energi listrik ini dihasilkan dari generator listrik yang diputar dengan bantuan angin, air, panas bumi, uap, dll. contoh generator listrik tampak pada gambar di atas, ketika generator tersebut di putar maka akan menghasilkan energi listrik yang kemudian ditransmisikan ke rumah-rumah penduduk. Proses timbulnya energi listrik pada saat generator tersebut di putar termasuk dalam kajian ilmu fisika materi “induksi elektromagnetik”
Induksi elektromagnetik pertama kali diteliti oleh Michael Faraday (1791 – 1867). Pada tahun 1831 Michael Faraday menemukan bahwa timbul arus listrik ketika menggerakkan magnet keluar masuk kumparan, hasil penemuan ini berkebalikan dengan hasil penemuan Hans Christian Oersted di materi sebelumnya yang menyatakan adanya medan magnet disekitar kawat berarus. Berdasarkan hasil temuan kedua fisikawan tersebut kita dapat mengetahui bahwa:
Get new posts by email:
Mode Malam