Ujian Nasional(UN)merupakan salah satu ujian yang diadakan oleh pemerintah untuk memetakan persebaran kualitas pendidikan di Indonesia. Pada era modern saat ini ujian nasional telah berganti dari yang semula menggunakan kertas sekarang menggunakan komputer atau yang dikenal sebagai UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer). berdasarkan hal tersebut, disini saya menyediakan try out online UN Fisika kelas 9 yang disertai pembahasan di bawahnya dengan tujuan untuk membantu siswa kelas 9 dalam mempersiapkan Ujian Nasionalnya
Kamis, 20 Februari 2020
Selasa, 18 Februari 2020
Materi SMA
| 11.07
mudah memahami gerak parabola pada bidang miring (penjelasan lengkap)
Gerak parabola adalah salah satu materi fisika yang diajarkan di kelas
11 semester 1 tepatnya materi analisis vektor pada gerak dua dimensi. Dikatakan
dua dimensi karna gerak parabola mengalami perubahan posisi baik di sumbu x
dan sumbu y sehingga besaran vektor pada gerak ini juga dianalisis dalam
dua dimensi (lihat kembali materi kelas 10 tentang vektor). Selain pada bidang datar gerak parabola juga sering digambarkan pada bidang miring, tapi sebelumnya mari kita pelajari dulu untuk bidang datar. Gerak parabola pada bidang datar dapat digambarkan sebagai
berikut.
Gambar 1. Gerak parabola pada bidang datar
Jumat, 31 Januari 2020
soal latihan SMP
| 15.10
latihan soal fisika kelas 8 materi gerak lurus (dengan pembahasan)
Pada
kesempatan kali ini, saya akan memberikan contoh latihan soal fisika untuk
kelas 8 semester 1 lebih tepatnya materi
gerak lurus, ada 15 soal pilihan ganda dengan pembahasannya ala saya, hehehe,
dalam pembahasan soal ada tips – tips untuk menguasai fisika pada materi gerak
lurus. Sebelum mengerjakan soal di bawah ini, ada baiknya membaca materi gerak lurus yang sudah saya sediakan. Soal-soal di bawah ini di ambil dari beberapa
sumber seperti, soal ujian nasional (UN) atau UNBK, soal ulangan harian, latihan tryout
UN dan dari buku-buku soal yang relevan. Selamat menikmati.
Grafik kecepatan terhadap waktu ( v – t) yang menggambarkan gerak mobil mainan tersebut adalah ...
Grafik kelajuan (v) terhadap waktu yang sesuai dengan gerak mobil tersebut adalah ....
Benda yang bergerak lurus beraturan (GLB) dan bergerak lurus berubah beraturan (GLBB) berturut-turut adalah ....
Seorang siswa melakukan percobaan gerak 2 benda, sebanyak 3 kali seperti tabel di atas. Jenis gerak yang terjadi pada benda 1 dan 2 berturut-turut adalah ....
Jenis gerak lurus pada benda A dan benda B secara berturut-turut adalah
Berdasarkan grafik tersebut jenis gerak benda A dan B adalah ....
Soal nomor 10
Mobil A berhasil menyusul mobil B pada saat ... s dan jarak ... m
Jarak yang ditempuh mobil tersebut dari detik ke 2 hingga detik ke 3 adalah ....
Terima kasih ..
Soal
nomor 1 (soal un fisika 2019)
Sebuah
mobil mainan dilepas dari titik P ke titik S melewati lintasan seperti gambar
berikut.Grafik kecepatan terhadap waktu ( v – t) yang menggambarkan gerak mobil mainan tersebut adalah ...
Kunci jawaban : “A”
Pembahasan :
gerak A-B
Ketika mobil bergerak dengan lintasan turun
maka mobil akan bergerak semakin cepat (kecepatan bertambah), sehingga pada
grafik fungsi (v-t) garisnya akan naik
Gerak B-C
Ketika mobil bergerak dengan lintasan datar
maka kecepatan mobil tetap konstan, sehingga grafik fungsi (v-t) garisnya akan
lurus
Gerak C-D
Ketika mobil bergerak dengan lintasan naik maka mobil akan bergerak semakin
lambat (kecepatan berkurang), sehingga pada grafik fungsi (v-t) garisnya akan
turun
Soal
nomor 2 (soal un fisika 2017)
Sebuah mobil mengalami kebocoran oli saat
berjalan lurus dan meninggalkan pola tetesan oli seperti gambar berikut!Grafik kelajuan (v) terhadap waktu yang sesuai dengan gerak mobil tersebut adalah ....
Kunci
jawaban : “D”
Pembahasan
:
Perhatikan
jarak antar titik tiap gerakan
Gerak
A-B
Jarak pola tetesan oli sama, sehingga pada saat itu mobil bergerak dengan kecepatan
konstan (Gerak lurus beraturan). Grafik kecepatan terhadap waktu pada GLB
perhatikan grafik A dan D
Gerak
B-C
Jarak pola tetesan oli semakin lama semakin rapat, hal ini menunjukkan
benda mengalami perlambatan (GLBB diperlambat). Sehingga grafik fungsi
kecepatan terhadap waktu yang paling cocok adalah grafik D. (grafik cenderung
ke turun)
Gerak
C-D
Jarak pola tetesan oli semakin lama semakin renggang, hal ini menunjukkan
benda mengalami percepatan (GLBB dipercepat). Sehingga grafik fungsi kecepatan
terhadap waktu yang paling cocok adalah grafik D. (grafik cenderung naik)
Soal
nomor 3 (soal un fisika 2017)
Beberapa benda bergerak dengan waktu tempuh dan
jarak tempuh seperti pada tabel berikut.Benda yang bergerak lurus beraturan (GLB) dan bergerak lurus berubah beraturan (GLBB) berturut-turut adalah ....
A. Q dan P
B. Q dan R
C. S dan P
C. S dan P
D. S dan T
Kunci jawaban : “B”
Pembahasan :
Untuk mengetahui jenis gerak
benda dari data jarak tempuh, maka kita harus melihat selisih jaraknya untuk
tiap waktu. Seperti berikut
t
|
P
|
Q
|
R
|
S
|
T
|
|||||
s
|
Δs
|
s
|
Δs
|
s
|
Δs
|
s
|
Δs
|
s
|
Δs
|
|
1
|
3
|
5
|
2
|
10
|
5
|
|||||
2
|
6
|
3
|
10
|
5
|
8
|
4
|
20
|
10
|
15
|
10
|
3
|
12
|
6
|
15
|
5
|
18
|
10
|
30
|
10
|
35
|
20
|
4
|
24
|
12
|
20
|
5
|
32
|
14
|
40
|
10
|
65
|
30
|
5
|
48
|
24
|
25
|
5
|
50
|
18
|
50
|
10
|
105
|
40
|
Untuk benda yang melakukan gerak lurus beraturan (GLB) selisih jarak tempuh pada tiap waktunya
akan selalu konstan (benda P dan Q)
Untuk benda yang melakukan
gerak lurus berubah beraturan (GLBB) selisih jarak tempuh tiap waktu akan
bertambah dengan konstan (benda R). Agar lebih memahaminya perhatikan grafik
untuk benda R berikut ini.
T
|
Benda R
|
|||
s
|
Δs
|
Perubahan Δs
|
keterangan
|
|
1
|
2
|
Selisih jarak
tempuh bertambah dengan konstan sebesar 4
|
||
2
|
8
|
4
|
||
3
|
18
|
10
|
4
|
|
4
|
32
|
14
|
10
|
|
5
|
50
|
18
|
14
|
Soal
nomor 4 (soal UN fisika 2016)
Tabel berikut memuat jarak dan waktu tempuh
gerak suatu benda!Seorang siswa melakukan percobaan gerak 2 benda, sebanyak 3 kali seperti tabel di atas. Jenis gerak yang terjadi pada benda 1 dan 2 berturut-turut adalah ....
A. GLB dan GLBB diperlambat
B. GLB dan GLBB dipercepat
C. GLBB dipercepat
D. GLBB diperlambat dan GLB
Kunci
jawaban : “B”
Pembahasan
:
Perhatikan
tabel berikut
Benda 1
|
Benda 2
|
||||||
s
|
t
|
v (s/t)
|
ket
|
S
|
T
|
v (s/t)
|
ket
|
60
|
15
|
4
|
Karena kecepatan benda tidak berubah maka benda
bergerak lurus beraturan
|
4
|
2
|
2
|
Karena kecepatan benda bertambah maka benda melakukan
gerak lurus berubah beraturan
|
80
|
20
|
4
|
9
|
3
|
3
|
||
100
|
25
|
4
|
25
|
5
|
5
|
Soal
nomor 5 (soal UN fisika 2016)
Perhatikan data benda pada tabel berikut:Jenis gerak lurus pada benda A dan benda B secara berturut-turut adalah
A.
GLBB dipercepat dan GLB
B.
GLB dan GLBB dipercepat
C.
GLB dan GLBB diperlambat
D.
GLBB diperlambat dan GLB
Kunci
jawaban : “B”
Pembahasan
:
Nama benda
|
t (s)
|
s (m)
|
v (m/s)
|
Ket
|
Benda A
|
1
|
2
|
2
|
Kecepatan benda A tetap sebesar 2 m/s, sehingga gerak
benda termasuk jenis GLB
|
2
|
4
|
2
|
||
3
|
6
|
2
|
||
Benda B
|
1
|
2
|
2
|
Kecepatan benda B bertambah terus sebesar 2 m/s,
sehingga gerak benda termasuk jenis GLBB dipercepat
|
2
|
8
|
4
|
||
3
|
18
|
6
|
Soal
nomor 6
Benda
yang jatuh bebas mengalami gerak yang disebut ....
A.
GLB karena jarak tempuhnya sama setiap waktu
B.
GLBB dipercepat karena benda mendapat percepatan tetap
C.
GLBB dipercepat karena percepatannya bertambah setiap saat
D.
GLBB dipercepat karena percepatannya sama dengan nol
Kunci
jawaban : “B”
Pembahasan
:
Benda yang jatuh bebas akan bergerak dipercepat (GLBB dipercepat) dengan
percepatan yang tetap yakni sama dengan percepatan gravitasi bumi (g).
baca juga :
Soal
nomor 7
Kelereng jatuh bebas dari ketinggian menuju
permukaan bumi. Grafik kecepatan terhadap waktu yang sesuai dengan gerak
kelereng tersebut adalah ....
Kunci
jawaban : “B”
Pembahasan
:
Kecepatan benda yang jatuh bebas akan terus meningkat hingga benda tersebut
sampai ke permukaan (dasar), hal ini dikarenakan benda mendapat percepatan dari
bumi yang disebut dengan percepatan gravitasi bumi. Sehingga grafik fungsi
kecepatan terhadap waktu yang terbentuk cenderung meningkat (ke atas).
Soal
nomor 8
Perhatikan gambar!
Sebuah
mobil jeep menggandeng mobil sedan yang sedang melaju menuju bengkel.
Berdasarkan konsep gerak dalam fisika, pernyataan berikut yang benar adalah
....
A.
mobil jeep bergerak terhadap rumah
B.
mobil sedan bergerak terhadap mobil jeep
C.
sopir mobil sedan bergerak terhadap mobil jeep
D.
sopir mobil jeep tidak bergerak terhadap rumah
Kunci
jawaban : “A”
Pembahasan
:
Berdasarkan
peristiwa di atas:
·
Mobil sedan
selalu berada di belakang mobil jeep dengan jarak yang sama (kedudukan tetap),
hal ini berarti mobil sedan tidak bergerak terhadap mobil jeep
·
Mobil jeep
dan sedan bergerak meninggalkan rumah sehingga kedudukannya berubah terhadap
rumah.
Soal
nomor 9
Perhatikan grafik hubungan antara jarak terhadap
waktu dari dua buah benda yang bergerak berikut !Berdasarkan grafik tersebut jenis gerak benda A dan B adalah ....
Benda A
|
Benda B
|
|
A.
|
GLB
|
GLBB dipercepat
|
B.
|
GLBB dipercepat
|
GLB
|
C.
|
GLBB diperlambat
|
GLBB dipercepat
|
D.
|
GLB
|
GLBB diperlambat
|
Kunci
jawaban : “B”
Pembahasan
:
Grafik pada dasarnya terbentuk dari persamaan
matematis yang berlaku. Pada GLBB dipercepat dapat digunakan persamaan
matematis “s = vo . t + ½ a . t2” yang merupakan
persamaan kuadrat, sedangkan pada GLB untuk menentukan jarak suatu benda dapat
digunakan persamaan matematis “s = v . t” yang merupakan persamaan garis lurus
sehingga grafik hubungan antara jarak terhadap waktu pada GLBB dipercepat dan
GLB adalahSoal nomor 10
Mobil
A dan B dalam kondisi diam terpisah sejauh 1200 m. Kedua mobil kemudian
bergerak bersamaan saling mendekati dengan kecepatan konstan masing-masing VA
= 40 m/s dan VB = 60 cm. waktu yang diperlukan agar kedua mobil
berpapasan adalah ,,,,
A.
12 s
B.
13 s
C.
14 s
D.
15 s
Kunci
jawaban : “A”
Pembahasan
:
Berdasarkan soal di atas, dapat dibuat ilustrasi
berikut:
Ketika kedua mobil berangkat bersamaan dan kemudian berpapasan, maka waktu
kedua mobil tersebut adalah sama (dari berangkat sampai berpapasan). Sehingga
berlaku persamaan
1200 = SA + SB
1200 = vA . t + vB . t
1200 = 40t + 60t
1200 = 100t
12 s= t
Jurus jitu:
Jika kita menurunkan persamaan di atas akan ditemukan rumus singkat untuk
tipe soal tersebut yakni
Stot = SA + SB
Stot = vA . t + vB . t
Stot = (vA + vB)
t
Soal
nomor 11
Sebuah mobil sedang bergerak dengan kecepatan
tetap 15 m/s, kemudian dipercepat sehingga kecepatannya menjadi 30 m/s,
selanjutnya mobil mempertahankan kecepatan tersebut beberapa saat. Grafik yang
menggambarkan gerakan mobil adalah ....
Kunci jawaban :
Pembahasan :
Berdasarkan soal, maka kita dapat memisahkan gerak yang dilakukan oleh
mobil menjadi tiga bagian yakni
·
bergerak
dengan kecepatan tetap 15 m/s. pada saat ini mobil bergerak lurus beraturan
(GLB) karena tidak mengalami perubahan kecepatan, sehingga grafik yang
terbentuk adalah garis lurus mendatar (perhatikan gambar A).
·
dipercepat
sehingga kecepatannya menjadi 30 m/s
·
mobil
mempertahankan kecepatan tersebut beberapa saat
Soal
nomor 12
Perhatikan grafik yang menggambarkan gerak mobil
berikut ini!
Makna
dari grafik di atas adalah ....
A.
mobil bergerak lurus beraturan dengan kecepatan tetap 3 m/s
B.
mobil bergerak lurus beraturan dengan kecepatan 6 m/s selama 2 s
C.
mobil mengalami perlambatan dari 6 m/s hingga berhenti dalam waktu 2 s
D. mobil
mula-mula diam kemudian bergerak dipercepat hingga dalam 2 s kecepatannya 6 m/s
Kunci
jawaban : “D”
Pembahasan
:
Untuk membaca grafik, hal yang perlu diperhatikan adalah sumbu x dan
sumbu y grafik tersebut menggambarkan variabel apa. Pada grafik tersebut
merupakan grafik fungsi kecepatan terhadap waktu (v-t) yang menggambarkan
kondisi kecepatan benda saat bergerak.
Hal kedua yang perlu diperhatikan adalah perubahan kecepatan yang terjadi
dalam selang waktu tertentu. Dalam grafik di atas terlihat pada awalnya (t = 0)
benda belum bergerak atau diam (v = 0), kemudian semakin lama kecepatan semakin
besar atau dipercepat (grafik meningkat ke atas) hingga mencapai kecepatan 6
m/s dalam waktu 2 s.
Soal
nomor 13
Dua mobil A dan B bergerak melalui jalan yang sama
dan berangkat dari titik awal yang sama secara bersamaan. Grafik kecepatan
terhadap waktu (v – t) kedua mobil diberikan pada gambar di bawah.Mobil A berhasil menyusul mobil B pada saat ... s dan jarak ... m
A. 4
dan 30
B. 6
dan 31
C. 8
dan 32
D. 4
dan 33
Kunci
jawaban : “C”
Pembahasan
:
Mobil
A bergerak secara GLBB dipercepat dan mobil B bergerak secara GLB.
Percepatan
mobil dapat ditentukan dengan cara
a = (v
- v0) / t
a =
(4 – 2) / 4
a = ½
m/s2
Ketika
mobil A menyusul mobil B, maka jarak tempuh kedua mobil dan waktu tempuhnya adalah
sama sehingga
SA
= SB
v0A
. tA + ½ aA tA2 = vB . tB
(tA = tB = t)
2t +
½ ½ t2 = 4t
2 + ¼
t = 4
¼ t
= 2
t =
8 s (perhatikan pilihan jawaban C)
jarak
tempuh mobil mobil A
SA
= v0A . tA + ½ aA tA2
SA
= 2 . 8 + ½ ½ 82
SA
= 16 + 16
SA
= 32 m
Tips:
Perhatikan grafik kedua mobil di atas bertemu di satu titik tepatnya pada
detik ke 4. Hal ini menyatakan bahwa kedua mobil mencapai kecepatan yang sama
pada detik ke 4 bukan kedua mobil bertemu (mobil A menyusul mobil B)
karena grafik adalah grafik kecepatan terhadap waktu (v – t) bukan jarak terhadap
waktu (s – t)
Soal
nomor 14
Sebuah mobil bergerak dengan percepatan tetap
sebesar a. jika gerakan mobil tersebut dibuat grafik maka akan di
dapatkan data sebagai berikut:
Besar
nilai a adalah ....
A.
0,25 m/s2
B.
0,5 m/s2
C.
0,75 m/s2
D.
0,1 m/s2
Kunci
jawaban : “B”
Pembahasan
:
a = (v
- v0) / t
a =
(10 – 5) / 10
a = 0,5
m/s2
Soal
nomor 15
Sebuah mobil bergerak dengan kecepatan yang
berubah seperti yang ditunjukkan oleh gambar grafik kecepatan terhadap waktu
berikut ini!Jarak yang ditempuh mobil tersebut dari detik ke 2 hingga detik ke 3 adalah ....
A. 3
m
B. 4
m
C. 5
m
D. 6
m
Kunci
jawaban : “C”
Pembahasan
:
Kita dapat menentukan jarak tempuh mobil dengan
cara menentukan luas grafik dari detik ke dua hingga ke tiga. Perhatikan gambar
berikut
Dari
gambar di atas, jarak tempuh sama dengan luas daerah yang diarsir (t=2s sampai
t=3s)
s = ½
(4 + 6) 1 (luas trapesium)
s = ½
10
s = 5 m
Demikian latihan soal fisika kelas 8 dan pembahasannya untuk materi gerak lurus, dengan latihan soal fisika ini semoga dapat membantu para pembaca lebih mudah dalam belajar fisika dengan tips - tips untuk menguasai fisika. Jika ada yang perlu didiskusikan tinggalkan komentar di bawah ya.....
Terima kasih ..